Selasa, 24 Februari 2009

DIFFERENCES IN YOURSELF

Kadang setelah hujan turun, saya suka memperhatikan pelangi yang muncul begitu indah seperti ingin mengajak melupakan hujan yang baru saja turun yang mungkin kadang menyusahkan kita entah kehujanan atau mungkin banjir. Pelangi dengan 7 warnanya begitu indah seolah-olah mengatakan I’m still beautiful in different colors. Lalu mulai imaginasi saya berjalan, bahwa kadang-kadang saya ingin menjadi seperti pelangi tersebut, still beautiful in differences.

Seperti kita ketahui, pada jaman dahulu perbedaan-perbedaan yang muncul merupakan suatu hal yang aneh bahkan dapat divonis bersalah. Perbedaan-perbedaan dianggap melanggar atau menyalahi suatu aturan. Namun sepertinya budaya itu sudah mulai memudar. Di jaman sekarang bahkan orang-orang akan senang jika bisa tampil beda dari orang lain. Hanya saja kadang saja hal tersebut malah menjerumuskan diri mereka sendiri.

Seorang pakar pemasaran, Jack Trout, dalam bukunya Differentiate Or Die, mengatakan menjadi berbeda dengan apa yang dilakukan orang lain itu merupakan suatu keunggulan. Oleh karena itu menjadi berbeda itu merupakan hal yang baik. Namun tentu saja tetap dalam aturan-aturan yang berlaku. Namun bagaimana ternyata perbedaan itu ternyata ada pada dalam diri ada sendiri. Kadang apa yang ingin kita lakukan tidak sesuai dengan kebiasaan kita sendiri merupakan hal yang sering terjadi yang merupakan salah satu contoh perbedaan dalam diri sendiri.

Saya tidak akan membahas bagaimana menyelesaikan masalah tersebut. Jujur saja saya bukan ahli psikolog yang saya yakin lebih akan dapat memberikan penyelesaian tentang hal ini. Namun dengan sedikit pengetahuan saya dan tentu saja imaginasi saya, saya hanya mengusulkan bagaimana perbedaan yang ada dalam diri anda sendiri itu anda anggap saja sebagai warna-warna dalam pelangi. Mungkin saja ada orang yang tidak suka akan salah satu warna (baca : sifat atau atribut ) anda. Namun di lain pihak ada yang menyukai salah satu warna anda tersebut. Oleh karena itu saya hanya bisa mengajak anda untuk menjadikan warna-warna yang berbeda yang ada dalam diri anda menjadi pelangi. Anda mungkin bisa membayangkan jika pelangi itu hanya satu warna atau hanya dua warna mungkin ia akan kehilangan atribut indah-nya. Oleh karena itu tetaplah menjadi indah dalam perbedaan yang ada dalam diri anda sendiri (still beautiful in differences, differences in yourself)

2 komentar: